TA DIGITAL
Analisis Biaya-Volume-Laba Sebagai Alat Perencanaan Laba Pada PT Nasmoco Majapahit Semarang
Analisis Biaya-Volume-Laba merupakan teknik untuk menghitung dampak perubahan harga jual, volume penjualan dan biaya terhadap laba. Manfaat analisis ini untuk merencanakan penjualan, biaya, dan laba. Parameter yang digunakan dalam analisis ini antara lain Cotribution Margin, Break Even Point dan Margin of Safety. Tujuan penyusunan Tugas Akhir ini adalah untuk menghitung besarnya Untuk Mengetahui besarnya Break Event Point tahun 2010, Margin Of Safety, besarnya laba tahun 2010 dan produk yang harus dijual agar dapat mencapai target laba. Data yang digunakan dalam penelitian ini ditinjau data jenisnya adalah data kuantitatif dan data kualitatif, sedangkan ditinjau berdasarkan sumbernya berupa data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan studi pustaka, sedangkan metode analisis data adalah metode deskripsi dan metode eksposisi. Dari hasil perhitungan, pada tahun 2010, penjualan mobil jenis Avanza 1.3 G Manual, Avanza 1.3 G Automatic, Innova G Manual dan Innova G Automatic pada PT. NASMOCO MAJAPAHIT SEMARANG mencapai Break Event Point pada penjualan sebanyak Rp 15.197.348.420,92 atau sebesar 86 unit. Prediksi Margin of Safety adalah Rp 108.512.412.359,60 atau 87,7153%. Perencanaan laba pada tahun 2010 yang diharapkan adalah sebesar Rp 6.408.491.500,00. Prediksi penjualan dengan memperhitungkan laba yang direncanakan oleh perusahaan adalah 489 unit atau sebesar Rp 86.420.104.470.
No other version available