TA DIGITAL
Perhitungan Tarif SPP SMP & SMA Dengan Menggunakan Metode Activity Based Costing Pada Yayasan Pendidikan Islam Nasima Semarang Th 2009
Sekolah merupakan salah satu pelaku usaha yang bergerak dibidang jasa. Untuk menunjang kualitas pelayanan dan penyelenggaraan sekolah, maka pihak manajemen diharapkan mampu membuat kebijaksanaan- kebijaksanaan yang efektif dan efisien salah satunya adalah kebijaksanaan tentang biaya pendidikan. Selama ini perhitungan tarif spp masih menggunakan metode tradisional yang dalam perhitunganya belum memisahkan biaya-biaya berdasarkan sktivitas- aktivitas yang dikonsumsi didalam pelayanan pendidikan. Penelitian ini dilakukan untuk menentukan besar tarif spp dengan menggunakan pendekatan Activity Based Costing dan melakukan perbandingan antara metode Activity Based Costing dengan metode Tradisional yang digunakan pihak sekolah Dalam metode Activity Based Costing penentuan tarif spp dilakukan dengan mencari cost pool dan cost driver sebagai pemicu terjadinya biaya yang ditimbulkan. Penentuan tarif spp Yayasan Pendidikan Islam Nasima yang selama ini menggunakan metode tradisional kurang tepat, karena metode tersebut belum mengalokasikan biaya-biaya yang seharusnya ke dalam aktivitas-aktivitas yang terdapat pada pelayanan yang diberikan, Pada perhitungan yang dilakukan oleh peneliti dengan menggunakan metode Activity Based Costing menghasilkan biaya sebesar: Kelas VII Rp. 323.557,00, Kelas VIII Rp. 327.316,60, Kelas IX Rp. 372.126,30, Kelas X Rp. 429.725,40, Kelas XI Rp. 448.719,70, Kelas XII Rp. 517.670,4. Dengan hasil tersebut metode Activity Based Costing lebih efisien serta efektif jika diterapkan dalam penentuan tarif spp karena mempunyai perhitungan yang akurat dengan memisahkan aktivitas-aktivitas yang terjadi dalam pelayanan pendidikan, dan berdasarkan biaya-biaya yang terjadi dalam pelayanan pendidikan.
No other version available