TA DIGITAL
Pemanfaatan metode activity based costing (ABC) dalam menghitung sumbangan pembinaan pendidikan (SPP) pada SMK Muhammadiyah 2 Semarang
Tugas akhir ini bertujuan untuk melakukan perhitungan Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) kelas X, kelas XI, dan Kelas XII dengan metode Activity Based Costing (ABC) kemudian membandingkan dengan perhitungan metode tradisional yang digunakan SMK Muhammadiyah 2 Semarang. Dalam Perhitungan SPP dengan metode Activity Based Costing biaya-biaya yang terjadi dibebankan pada produk berdasarkan aktivitas dan sumber daya yang dikonsumsinya dan dibebankan pada beberapa Resource Driver. Sedangkan perhitungan yang dilakukan oleh SMK Muhammadiyah 2 Semarang adalah membebankan total anggaran dibagi dengan jumlah siswa, resource driver hanya jumlah siswa. Metode yang dilakukan dalam pengumpulan data Tugas Akhir ini yaitu wawancara dan observasi. metode penulisan yang dilakukan adalah eksposisi dan deskripsi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis komparasi. Berdasarkan hasil perhitungan menggunakan metode Activity Based Costing, SPP masing-masing kelas yaitu untuk kelas X sebesar Rp 189.000, untuk kelas XI sebesar Rp 204.320, dan untuk kelas XII sebesar Rp 163.299.
Kata Kunci : Sumbangan Pembinaan Pendidikan, Tradisional, Activity Based Costing.
No other version available