TA DIGITAL
Karakteristik segmen dasar produk Tabungan Bima pada PT. Bank Jateng Capem Polines
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis karakter segmen pasar produk Tabungan Bima pada PT. Bank Jateng Capem Polines.
Dalam penelitian ini mengambil sampel sebanyak 60 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis klaster. Dasar segmentasi dalam karakteristik segmentasi pasar produk tabungan Bima yang pertama adalah segementasi psikografis yang terdiri dari gaya hidup dan kepribadian. Kedua, segmentasi perilaku yang terdiri dari sikap dan pengetahuan. Ketiga, segmentasi teknografis yang didasarkan pada sikap terhadap teknologi, teknologi dan penerapan posisi keuangan pelanggan.
Hasil dari analisis klaster menghasilkan 3 (tiga) profil klaster yaitu profil 1 diketahui bahwa dalam membuka rekening Tabungan Bima nasabah dipengaruhi oleh kepentingan diri dan kebutuhan. Profil 2 diketahui bahwa nasabah dalam membuka rekening Tabungan Bima dipengaruhi oleh perkembangan situasi dan teknologi yang semakin modern. Profil 3 diketahui bahwa nasabah dalam membuka rekening Tabungan Bima akan dipengaruhi oleh faktor lingkungan yang strategis. Nasabah cenderung menginginkan kemudahan (lokasi mudah dijangkau, hemat waktu dan biaya).
No other version available