TA DIGITAL
Pengukuran Kualitas Layanan Website Gramedia Online Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis
Pada sebuah situs personal ditemukan keluhan akan pelayanan website Gramedia Online. Pelanggan merasa kecewa karena kurangnya perhatian situs sebesar website Gramedia Online. Untuk itu, penelitian ini dilakukan untuk mengukur kualitas website Gramedia Online dan memberikan masukan tentang upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas website Gramedia Online, serta mengetahui tingkat kepuasan pelanggan website Gramedia Online.
Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode WebQual 4.0, importance performance analysis, dan customer satisfaction index. Teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, dengan pengguna layanan website Gramedia Online sebagai responden.
Hasil penelitian, diketahui dari skala 100 kualitas layanan website Gramedia Online dinilai sebesar 77 berdasarkan persepsi pengguna interaktif dan 75 berdasarkan persepsi pengguna non-interaktif. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kualitas layanan website Gramedia Online salahsatunya adalah dengan meningkatkan kinerja indikator “kemudahan untuk berkomunikasi dengan admin website” dan “kelengkapan informasi yang disajikan website Gramedia Online”. Secara keseluruhan, pelanggan pengguna interaktif “sangat puas” terhadap layanan yang diberikan website Gramedia Online, ditunjukkan dengan nilai CSI sebesar 81,09%. Sedangkan pelanggan pengguna non-interaktif “puas” terhadap layanan yang diberikan website Gramedia Online, ditunjukkan dengan nilai CSI sebesar 74,50%.
No other version available