TA DIGITAL
Analisis Persepsi Terhadap Layanan SI dan TI Dengan Framework Itil Versi 3 Domain Service Strategy Pada PDAM Tirta Moedal Kota Semarang
Service Strategy (SS) adalah proses manajerial yang memiliki fokus utama pada nilai kepada pelanggan dan mengidentifikasi aset strategis yang akan digunakan untuk keunggulan kompetitif. Objek penelitian skripsi ini adalah pada bidang Perkembangan Teknologi Informasi di PDAM Tirta Moedal Kota Semarang.
Sampel dalam penelitian ini adalah 30 responden yang terdiri dari IT Manager, Manager Keuangan, Staf PTI, Staf Keuangan, sistem kantor depan, dan Call Centre. Kerangka kerja yang digunakan dalam penelitian ini adalah ITIL versi 3, Domain Service Startegy (SS) dan proses manajemen berupa Service Portofolio Management (SPM), Financial Management (FM), dan Demand Management (DM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pengembangan strategi layanan TI yang telah dilaksanakan sesuai dengan rencana strategis terhadap pelaksanaan IT Governance.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara signifikan dari PDAM Tirta Moedal telah
menerapkan kebijakan dan standard operation procedures (SOP) yang berkaitan dengan kerangka ITIL versi 3, meskipun tidak maksimal dan tersebar ke seluruh unit, itu karena kurangnya sumber daya manusia, kepegawaian dan aspek keuangan. Untuk memperbaiki masalah ini, terutama pada bidang PTI di PDAM Tirta Moedal perlu meningkatkan anggaran investasi untuk sumber daya manusia dan meningkatkan Sistem Informasi dan infrastruktur Teknologi Informasi yang telah dilaksanakan.
No other version available