TA DIGITAL
Analisis sistem informasi NIS Service : Nasmoco Integrated System-Service pada PT. New Ratna Motor Grup Kota Semarang dengan Menggunakan metode End-Used Computing = EUC Satisfaction
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing variabel isi, akurasi, format, kemudahan, ketepatan waktu dan secara bersama-sama terhadap kepuasan pengguna sistem NIS Service pada PT New Ratna Motor Grup Kota Semarang. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 58 responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proporsional random sampling. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis kuantitaif dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Dari pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji F dan uji t. Dari pengujian hipotesis tersebut diperoleh persamaan regresi :
Y = -0,845 + 0,183X1 + 0,269X2 + 0,279X3 + 0,321X4 + 0,054X5 + e
Dimana variabel Kepuasan (Y), Isi (X1), Akurasi (X2), Bentuk (X3), Kemudahan (X4), Ketepatan Waktu (X5). Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan bahwa dari kelima variabel independen yang diteliti, hanya tiga variabel yang terbukti secara signifikan mempengaruhi variabel Kepuasan (Y), yaitu variabel Akurasi, Bentuk, dan Kemudahan. Sedangkan variabel Isi dan Ketepatan Waktu tidak terbukti mempengaruhi variabel kepuasan. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa variabel isi, akurasi, format, kemudahan, ketepatan waktu secara bersama-sama terbukti berpengaruh terhadap variabel kepuasan. Angka R Square sebesar 0,683 menunjukkan bahwa 68,3 persen variabel kepuasan dapat dijelaskan oleh kelima variabel independen. Sedangkan sisanya sebesar 32,7 persen dijelaskan oleh faktor lain.
No other version available