TA DIGITAL
Analisis kinerja perusahaan dengan metode balanced scorecard : studi kasus pada Perusahaan Cable Support PT. Rahmi Ida Nusantara
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PT. Rahmi Ida Nusantara dengan menggunakan konsep Balanced Scorecard. Pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari kuesioner yang diperoleh dari populasi karyawan dan pelanggan PT. Rahmi Ida Nusantara. Hasil kuesioner tersebut telah diuji validitas dan reabilitasnya. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi Pearson. Untuk menentukan skor tingkat kepuasan pelanggan dan karyawan menggunakan nilai rata-rata. Data sekunder diperoleh dari laporan tahunan PT. Rahmi Ida Nusantara per desember periode tahun 2013-2014.
Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bahwa perspektif keuangan pada rasio Net Profit Margin dikategorikan baik, sedangkan pada rasio ROA, Current Rasio dan TATO dikategorikan buruk karena tidak melebihi target yang diharapkan perusahaan. Perspektif pelanggan dapat meningkatkan market share, kepuasan pelanggan menghasilkan skor yang cukup baik. Perspektif proses bisnis internal menggunakan lead time dan proses operasi. Pada lead time belum mencapai target yang ditentukan dan pada proses operasi dikategorikan cukup baik. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan menunjukkan peningkatan produktifitas karyawan dan pada kepuasan karyawan dikategorikan cukup baik. Dari keempat perspektif dapat dinilai bahwa pengukuran kinerja PT. Rahmi Ida Nusantara sudah cukup baik.
No other version available