TA DIGITAL
Penyelesaian klaim asuransi jiwa PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Cabang Semarang
Penelitian ini berjudul “Penyelesaian Klaim Asuransi Jiwa PT. Asuransi Jasa Indonesia (Persero) Cabang Semarang”. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan agaimana sistematis maupun prosedur penyelesaian klaim pada asuransi Jasindo yang dilakukan oleh nasabah. Pada saat ini banyak sekali asuransi yang menawarkan berbagai jenis asuransi jiwa,yang mencakup asuransi kesehatan. Jasindo adalah salah satu perusahaan asuransi yang cukup besar di Indonesia. Oleh karena itu peneliti akan melakukan kajian terhadap perusahaan asuransi Jasindo,dalam hal ini menyelesaikan klaim asuransi kesehatan Jasindo.
Penyelesaian yang dimaksud mencakupi faktor persyaratan, sistem prosedur dan faktor penghambat secara prosedural sehingga klaim dari nasabah dapat diakui oleh PT. Suransi Jasa Indonesia (Persero) Cabang Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif, merupakan penelitian yang termasuk dalam jenis penelitian kualitatif. Tujuan penelitian kualitatif adalah mengungkap fakta, keadaan, fenomena, variabel dan keadaan yang sedang terjadi saat penelitian berlangsung. Penelitian ini menafsirkan dan menuturkan data yang bersangkutan dengan situasi yang sedang terjadi, sikap serta pandangan yang terjadi di dalam masyarakat, pertentangan 2 keadaan atau lebih, hubungan antar variabel, perbedaan antar fakta, pengaruh terhadap suatu kondisi dan lain-lain.
Penelitian ini menemukan bahwa prosedur menerapkan sistem penggantian untuk pengeluaran uang yang dirasakan membebani tertanggung dengan beberapa kerugian karena total kompensasi dikurangi dengan biaya administrasi, sehingga tertanggung tidak bisa mendapatkan kompensasi penuh. Di sisi lain, penyedia sistem provider diterapkan dan dirasakan lebih menguntungkan kepada tertanggung sejak kompensasi yang diterima oleh tertanggung penuh atau tanpa pengurangan dari biaya administrasi.
No other version available