TA DIGITAL
Peran kualitas layanan, kualitas produk dan harga terhadap kepuasan nasabah kredit usaha rakyat mikro : studi kasus PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Kudus
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas layanan (X1) kualitas produk (X2) dan harga (X3), terhadap kepuasan nasabah (Y) Kredit Usaha Rakyat Mikro pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Kudus.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian asosiatif, yaitu penelitian menghubungkan 2 (dua) variabel bebas atau lebih untuk melihat pengaruhnya terhadap variabel terikatnya. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Kredit Usaha Rakyat Mikro pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Kudus. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan studi dokumentasi. Data diproses dengan menggunakan SPSS 16.00 for Windows. Metode analisis data menggunakan metode deskriptif dengan Analisis Regresi Linier Berganda yang digunakan untuk mengukur pengaruh kualitas layanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat Mikro pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Kudus.
Berdasarkam uji F variabel bebas (kualitas layanan, kualitas produk, dan harga) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat (kepuasan nasabah). Melalui pengujian koefisien korelasi (R2) diperoleh bahwa tingkat korelasi atau hubungan antara kualitas layanan, kualitas produk, dan harga terhadap kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat Mikro pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Kudus merupakan hubungan yang erat. Berdasarkan uji parsial variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, variabel kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah, dan variabel harga berpengaruh positif dan signifikan dalam mempengaruhi kepuasan nasabah Kredit Usaha Rakyat Mikro pada PT Bank Rakyat Indonesia Cabang Kudus.
No other version available