TA DIGITAL
Analisis pengeruh dimensi kualitas layanan teller terhadap kepuasan nasabah tabungan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kantor Cabang Pembantu Watugong Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Pengaruh Dimensi Kualitas Layanan Teller Terhadap Kepuasan Nasabah Tabungan Pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Kantor Cabang Pembantu Watugong Semarang.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Watugong Semarang. Dan untuk kepentingan penelitian maka digunakanlah judgemental sampling dengan merujuk dari rumus yang dikemukakan Slovin, sehingga didapat 100 nasabah yang memenuhi kriteria peneliti. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang berasal dari data primer dan data sekunder. Data Primer adalah data yang didapat dari hasil wawancara, kuesioner, dan observasi. Sedangkan Data Sekunder adalah data yang di dapat dari hasil pustaka dari buku, internet dan majalah yang memuat informasi yang dibutuhkan peneliti. Metode analisis data yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda, sedangkan teknis analisis data menggunakan uji t, uji F, dan R2.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan menggunakan SPSS, hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan variable independen yakni Dimensi Kualitas Layanan ( Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy) berpengaruh secara signifikan terhadap Kepuasan Nasabah dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Watugong Semarang. Disisi lain, secara parsial variabel Dimensi Kualitas Layanan Tangible, Responsiveness, dan Empathy berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Nasabah dari Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Watugong Semarang. Dan sisanya variabel Kualitas Layanan Reliability dan Assurance berpengaruh tidak signifikan terhadap Kepuasan Nasabah dari PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Kantor Cabang Pembantu Watugong Semarang. Kemudian berdasarkan hasil uji Adjusted R2 bahwa koefisien determinasi (Adjusted R Square) sebesar 0,714. Variasi X dari kelima variabel (tangible, reliability, responsiveness, assurance, emphaty) berpengaruh terhadap Variasi Y sebesar 71,4 %. Sedangkan sisanya sebesar 28,6% dijelaskan oleh faktor-faktor lain di luar kelima variabel independen tersebut.
No other version available