TA DIGITAL
Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen laba pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2010-2014
Penelitian ini bertujuan untuk menguji signifikansi pengaruh profitabilitas,
leverage, dan ukuran perusahaan terhadap manajemen laba, baik secara simultan
maupun parsial pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII).
Populasi penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index
(JII) dari tahun 2010 hingga 2014. Jumlah sampel yang diambil dengan metode
purposive sampling sebanyak 11 (sebelas) perusahaan. Model analisis yang
digunakan adalah model regresi linear berganda, dengan teknik analisis yang
digunakan adalah uji signifikansi simultan (uji F), uji koefisien determinasi (R2),
dan uji signifikansi parameter individual (uji t).
Hasil pembuktian hipotesis dan pembahasan menunjukkan bahwa profitabilitas,
leverage, dan ukuran perusahaan secara simultan berpengaruh signifikan terhadap
manajemen laba pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII)
periode 2010-2014 dengan nilai adjusted R2 sebesar 12,3 %. Sedangkan,
pembuktian hipotesis secara parsial profitabilitas dan leverage masing-masing
tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, sedangkan ukuran
perusahaan berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan
yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) periode 2010-2014
No other version available