TA DIGITAL
Analisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepercayaan nasabah pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui variabel mana dalam kualitas layanan yang memberikan pengaruh signifikan untuk meningkatkan kepercayaan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Semarang dengan menganalisis pengaruh dari enam variabel dalam kualitas layanan, yaitu compliance, assurance, reliability, tangibility, empathy dan responsiveness baik secara simultan maupun parsial terhadap kepercayaan nasabah.
Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan dengan cara menyebarkan kuesioner. Populasinya adalah seluruh nasabah tabungan Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Semarang yang telah menjadi nasabah penabung minimal enam bulan. Jumlah sampel yang diambil adalah 105 orang nasabah tabungan Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Semarang dan pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Model analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda, sedangkan teknik analisis menggunakan uji t, uji F dan uji R2.
Hasil pengujian hipotesis dan pembahasan, menunjukkan bahwa secara simultan seluruh variabel kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Semarang. Secara parsial variabel compliance dan responsiveness yang berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Semarang. Sedangkan variabel assurance, reliability, tangibility, dan empathy tidak berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah pada PT Bank Muamalat Indonesia Tbk Kantor Cabang Semarang
No other version available