TA DIGITAL
Analisis pengaruh dimensi customer relationship marketing terhadap customer retention : Studi kasus pada PT. Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis signifikansi pengaruh dimensi
customer relationship marketing yang terdiri dari variabel-variabel trust,
communication, commitment, dan conflict handling terhadap customer retention
pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang baik secara simultan
maupun parsial.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan pada PT Bank
Muamalat Indonesia Cabang Semarang. Dengan teknik pengambilan sampel
purposive sampling, diperoleh 89 nasabah tabungan yang layak untuk dianalisis.
Model analisis data menggunakan regresi linear berganda, dan teknik analisis data
untuk uji hipotesis menggunakan uji statistik F, R2, dan uji statistik t.
Hasil pembuktian hipotesis dan pembahasan menunjukkan bahwa customer
relationship marketing dengan dimensi berupa variabel-variabel trust,
communication, commitment, dan conflict handling secara simultan berpengaruh
signifikan terhadap customer retention pada PT Bank Muamalat Indonesia
Cabang Semarang. Communication dan conflict handling masing-masing secara
parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap customer retention, sedangkan
trust dan commitment berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap customer
retention pada PT Bank Muamalat Indonesia Cabang Semarang
No other version available