TA DIGITAL
The analysis of influence service quality and trust toward customer loyalty with customer satisfaction as an intervening variable : case studies in PT. Bank Muamalat Semarang Branch Office
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepatuhan, jaminan, kehandalan, bukti fisik, empati daya tanggap dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah pada PT Bank Muamalat Kantor Cabang.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian terapan. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh nasabah tabungan PT Bank Muamalat Kantor Cabang Semarang. Sampel pada penelitian ini adalah 135 nasabah tabungan aktif PT Bank Muamalat Kantor Cabang Semarang. Data diproses dengan menggunakan AMOS 22.0. Model analisis data menggunakan Structural Equation Model (SEM) dengan teknik Confirmatory Factor Analysis yang digunakan untuk mengukur pengaruh kepatuhan, jaminan, kehandalan, bukti fisik, empati daya tanggap dan kepercayaan terhadap kepuasan nasabah dan loyalitas nasabah tabungan pada PT Bank Muamalat Kantor Cabang Semarang.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kehandalan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Jaminan, bukti fisik, daya tanggap dan kepercayaan memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah. Kepatuhan dan empati memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah, serta kepuasan nasabah yang berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah tabungan pada PT Bank Muamalat Kantor Cabang Semarang
No other version available