TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Promotion Mix Terhadap Keputusan Nasabah Menabung di Bank Syariah
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan apakah variabel- variabel pada bauran promosi yang terdiri atas periklanan, promosi penjualan, penjualan pribadi, dan publisitas secara parsial maupun simultan berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ungaran.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan pegisian kuesioner. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling. Jumlah nasabah yang diambil sebagai sampel adalah 100 orang nasabah. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel yang ada dalam promosi secara parsial maupun simultan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ungaran.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel periklanan (X1), promosi penjualan (X2), penjualan pribadi (X3), dan publisitas (X4) berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ungaran dengan nilai sig F lebih kecil dari 0.05. Hanya variabel publisitas yang secara parsial tidak berpengaruh signifikan. Variabel periklanan, promosi penjualan, dan penjualan pribadi secara parsial berpengaruh terhadap pengambilan keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Pembantu Ungaran karena memiliki sig t lebih kecil dari 0.05. Adjusted R2 sebesar 47.5% artinya seluruh variabel bebas memberikan kontribusi pengaruh 47.5% terhadap variabel terikat sedangkan sebesar 52.5% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukan kedalam model ini.
No other version available