TA DIGITAL
Analisis Kualitas Pelayanan Dalam Keputusan Nasabah Untuk Bertransaksi Kembali Pada Produk Tabungan BTN iB di PT Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang
PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang sebagai salah satu dari beberapa lembaga keuangan syariah yang ada di Indonesia senantiasa perlu meningkatkan kualitas pelayanannya demi menjaga loyalitas nasabahanya sehingga nasabah memutuskan untuk bertransaksi kembali. Hal ini penting agar loyalitas nasabah yang telah ada, dan kesuksesan yang selama ini diraih dapat tetap dipertahankan dan ke depannya berusaha untuk selalu ditingkatkan dan ditingkatkan agar dari waktu ke waktu apabila kualitas pelayanan baik, maka akan berpengaruh terhadap loyalitas nasabahnya dan akan terus berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap keputusan nasabah untuk bertransaksi kembali pada produk tabungan BTN iB di PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang dan faktor layanan yang paling berpengaruh terhadap keputusan nasabah untuk bertransaksi kembali pada produk tabungan BTN iB di PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang.
Sampel dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan BTN iB pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang sejumlah 97 orang. Analisis validitas dan reliabilitas serta uji asumsi klasik yang dijalankan dengan perangkat lunak SPSS 16.00 digunakan untuk menganalisis data.
Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan yang terdiri dari kepatuhan (compliance), jaminan (assurance), kehandalan (reliability), bukti fisik (tangibles), empati (empathy) dan tanggapan (responsiveness) secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan bertransaksi kembali pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang. Namun dalam dimensi kualitas pelayanan yang terdiri dari kepatuhan (compliance), jaminan (assurance), kehandalan (reliability) dan empati (empathy) tidak berpengaruh dan tidak signifikan terhadap keputusan bertransaksi kembali pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang. Hal tesebut mengindikasikan bahwa meskipun kualitas pelayanan PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang sudah baik dan sangat baik, namun ternyata kinerja yang berupa kepatuhan (compliance), jaminan (assurance), kehandalan (reliability) dan empati (empathy) tersebut belum sesuai dengan apa yang diharapkan oleh nasabah. Hasil ini dapat dikatakan bahwa perubahan kualitas pelayanan kelima dimensi tersebut sensitif sekali terhadap keputusan bertransaksi kembali pada PT. Bank Tabungan Negara (Persero), Tbk Kantor Cabang Syariah Semarang. Artinya jika kualitas pelayanan mengalami penurunan, maka akan berdampak pada penurunan loyalitas nasabah yang berakibat nasabah tidak bertransaksi kembali.
No other version available