TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Faktor Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Tabungan Pada PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk, Cabang Syariah Semarang
Tujuan dari penelitian ini mengetahui dan menganalisis pengaruh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses, dan bukti fisik terhadap keputusan nasabah untuk memilih produk tabungan pada PT. Bank Tabungan Negara Cabang Syariah Semarang.
Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 97 responden. Pendekatan penelitian dengan deskriptif kuantitatif, dimana variabel yang diteliti diukur dengan rating scale.
Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier berganda dengan alat bantu SPSS versi 16.0. Uji F, uji t dan R2 dimaksud untuk mengetahui pengaruh variabel independen terhadap variabel dependen pada tingkat kepercayaan (confidence interval) 95% atau α=5%.
Hasil uji simultan menunjukkan pengaruh yang signifikan antara bauran pemasaran jasa terhadap keputusan nasabah memilih produk tabungan. Sedangkan uji parsial menunjukkan adanya pengaruh signifikan terhadap produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik. Variabel yang paling dominan berpengaruh adalah promosi (0,001). Pada Determinan (R2) menunjukkan variabel bebas yang diteliti mampu menjelaskan variasi variabel terikat sebesar 68,2%. Sisanya sebesar 31,8% dijelaskan oleh variabel lain yang belum diteliti.
No other version available