TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Marketing Mix Terhadap Pengambilan Keputusan Nasabah Menabung pada PT Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Kendal
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan membuktikan apakah variabel-variabel pada marketing mix yang terdiri atas produk, harga, tempat dan promosi, orang, proses, bukti fisik secara parsial maupun simultan berpengaruh secara siginifikan terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Kendal.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengisian angket dan wawancara. Pengambilan sampel dilakukan dengan metode accidental sampling. Jumlah nasabah yang diambil sebagai sampel adalah 100 orang nasabah. Analisis deskriptif digunakan untuk mendukung interpretasi terhadap hasil-hasil analisis yang digunakan. Analisis regresi linier berganda digunakan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel yang ada dalam marketing secara parsial maupun simultan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan nasabah untuk menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Kendal.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel produk, harga, tempat, promosi, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh secara simultan terhadap keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Kendal dengan nilai sig F lebih kecil dari 0.05. Variabel produk, harga, dan proses secara parsial berpengaruh terhadap pengambilan keputusan nasabah menabung pada PT. Bank Muamalat Indonesia Kantor Cabang Pembantu Kendal karena memiliki sig t lebih kecil dari 0.05. Kemudian nilai R2 dengan melihat nilai Adjusted R2 sebesar 34.8% . Ini artinya seluruh variabel bebas memberikan kontribusi pengaruh 34.8% terhadap variabel terikat sedangkan sebesar 65.2% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak dimasukan kedalam model ini.
No other version available