TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan dan Kedekatan Emosional terhadap Loyalitas Nasabah pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Ungaran
Sektor perbankan telah mengalami perubahan yang sangat drastis dengan ditandai semakin ketatnya persaingan, menurunnya permintaan jasa pada sektor industri perbankan. Pada situasi dengan tingkat persaingan yang ketat tersebut nasabah seringkali tidak mempunyai loyalitas kepada suatu bank, karena banyaknya tawaran yang diberikan kepada nasabah dan nasabah akan senantiasa memilih tawaran yang paling menguntungkan baginya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi nilai pelanggan, kualitas pelayanan dan kedekatan emosional berpengaruh terhadap loyalitas nasabah Bank BRI Cabang Ungaran?
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan Bank BRI Cabang Ungaran. Sampel yang diambil sebanyak 50 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan target tertentu, adapun kriteria pengambilan sampel adalah responden nasabah tabungan PT. Bank BRI Cabang Ungaran, yang berdomisili di Ungaran dan Semarang yang berumur 18 tahun keatas. Berdasar analisis data statistic, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel.
Dari urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh terhadap konsumen adalah variabel kualitas pelayanan dengan koefisien regresi sebesar 0,388, lalu variabel kedekatan emosional dengan koefisien regresi sebesar 0,313, kemudian diikuti variabel nilai pelanggan dengan koefisien regresi sebesar 0,295. Bank BRI Cabang Ungaran perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh nasabah serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang untuk diperbaiki untuk jangka kedepannya.
No other version available