TA DIGITAL
Evalusasi Sistem Pembayaran Online PT PLN Semarang dengan Metode SWOT
Tujuan penelitian ini adalah melakukan evaluasi sistem pembayaran online PT PLN Semarang. Identifikasi dilakukan dengan melakukan penyebaran kuesioner kepada 18 orang karyawan PT PLN Semarang yang terkait dengan sistem pembayaran tagihan listrik secara online dan 100 orang pelanggan layanan listrik pascabayar yang melakukan pembayaran tagihan listrik secara online, yang terdiri dari 57 orang pembayaran menggunakan loket, 15 orang menggunakan layanan SMS Banking dan 28 orang melalui ATM. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis SWOT.
Hasil analisis menunjukkan bahwa faktor yang menjadi kekuatan berasal dari variabel ketepatan waktu (Nt = 3,940), pengelolaan data (Nt = 4,206), dan sumber daya manusia dan kinerja (Nt = 4,154). Faktor yang menjadi kelemahan berasal dari variabel penelusuran transaksi (Nt = 2,958). Faktor yang menjadi peluang berasal dari ketepatan waktu (Nt = 3,892), kualitas layanan bank (Nt = 3,871), kemudahan prosedur (Nt = 4,225) dan ketersediaan informasi (Nt = 3,699). Faktor yang menjadi ancaman bersal dari variabel kualitas layanan loket pembayaran (Nt = 2,976). Berdasarkan evaluasi dengan metode SWOT yang dilakukan, sistem pembayaran online PT PLN Semarang terletak pada posisi strategi Strenghts Opportunities (SO).
No other version available