TA DIGITAL
Analisis kepuasan nasabah pada kualitas layanan Tabungan Bima : Studi kasus pada PT. Bank Pembangun
Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui “Bagaimana Meningkatkan Kepuasan Nasabah?” pada kualitas layanan PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Tengah Capem Gayamsari Semarang dengan 5 (lima) dimensi kualitas jasa. Data diperoleh dari wawancara dan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis indeks kepuasan yang digunakan untuk mengukur kepuasan nasabah Tabungan Bima atas kinerja bank pada Bank Jateng Capem Gayamsari Semarang, kemudian dilihat dari weighting score Tabungan Bima berada dalam skala sangat puas yaitu 4.496.
Selain analisis indeks kepuasan, juga digunakan analisis gap kepuasan, yaitu perbandingan antara harapan nasabah dan kinerja perusahaan. Berdasarkan hasil uji gap kepuasan disimpulkan bahwa semua indikator menunjukan tidak puas. Dan dimensi variabel yang memiliki tingkat kesesuaian terhadap nasabah paling besar yaitu terletak pada dimensi variabel Assurance sebesar 91.28 %.
Diagram Kartesius digunakan untuk mengetahui prioritas peningkatan yang dibedakan ke dalam 4 bagian kudran. Dari hasil pemetaan ternyata sebagian besar indikator sudah memuskan nasabah, hal ini dapat dibuktikan dari 28 indikator pada lima dimensi kualitas jasa hanya 2 (dua) indikator saja yang tingkat kepuasan nasabah rendah. Yaitu indikator pelayanan selalu diawali dengan salam dan kemampuan menjelaskan produk. Sehingga dalam hal ini perlu dilakukan perbaikan. Kesimpulan yang dapat diambil bahwa kinerja perusahaan dapat ditingkatkan dengan meningkatkan kualitas pelayanan.
No other version available