TA DIGITAL
Analisis tingkat kepuasan nasabah tabungan harian pada PT. Bank Himpunan Saudara 1906 Tbk. Cabang Semarang
Penelitian yang berjudul “Analisis Tingkat Kepuasan Nasabah Tabungan HARIAN Pada PT. Bank Himpunan Saudara 1906, Tbk Cabang Semarang” bertujuan untuk mengetahui posisi tingkat kepuasan nasabah sebuah produk tabungan bank berdasarkan Tangible (bentuk fisik), Reliability (kehandalan), Responsiveness (daya tanggap), Assurance (jaminan), dan Empathy (empati, perhatian) pada PT. Bank Himpunan Saudara 1906, Tbk Cabang Semarang.
Desain dari penelitian ini adalah penelitian terapan menggunakan data primer dan sekunder. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, kuesioner (angket), wawancara, dan studi pustaka. Kemudian metode pengolahan datanya adalah editing, coding dan entry data. Sedangkan metode analisis datanya adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan pengukuran kepuasan. Sampel yang diambil adalah 40 nasabah Tabungan HARIAN PT. Bank Himpunan Saudara 1906, Tbk Cabang Semarang dengan menggunakan teknik Purposive Sampling.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepuasan nasabah Tabungan HARIAN PT. Bank Himpunan Saudara 1906, Tbk Cabang Semarang adalah baik, karena weighting score dari tingkat kepuasan produk Tabungan HARIAN berada dalam skala puas dengan nilai skala kepuasan 3,920. Hasil ini dapat dijadikan sebagai saran bagi manajemen PT. Bank Himpunan Saudara 1906, Tbk Cabang Semarang khususnya bagian yang menangani produk Tabungan HARIAN untuk mengambil kebijakan dalam rangka mencapai pelayanan yang lebih baik. Keterbatasan penelitian ini adalah penelitian yang hanya dilakukan pada PT. Bank Himpunan Saudara 1906, Tbk Cabang Semarang dan sampel yang diambil hanya 40 nasabah Tabungan HARIAN. Penelitian mendatang sebaiknya dilakukan pada lebih dari satu obyek penelitian agar dapat dibandingkan antara Bank satu dengan yang lainnya serta memperbanyak sampel yang diambil agar lebih mendekati populasi sehingga hasil yang diperoleh juga diharapkan akan lebih baik.
No other version available