ABSTRAK Olivia Novitasari, “Perencanaan Laba Dengan Metode Cost Volume Profit (CVP) Pada Sentra Kulit Lunpia Semarang”, Skripsi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Siti Arbainah, S.E., M.M. dan Ardian Widianto, S.E, M.Si.Ak., CA. Analisis Cost Volume Profit adalah metode perencanaan laba untuk jangka pendek yang mendasar pada perhitungan dampak perubahan bia…
Setiap usaha dalam menjalankan bisnis memiliki tujuan untuk mencari laba, agar perusahaan bisa terus beroperasi. Suatu usaha haruslah melakukan langkah manajemen yang baik, yaitu dengan melakukan perencanaan yang mendasar agar tujuan dalam mancapai laba dapat tercapai, salah satunya dengan cara analisis Break Even Point. Penelitian ini bertujuan untuk menghitung omzet penjualan, margin kontribu…
Analisis cost volume profit merupakan alat perencanaan jangka pendek yang memperhitungkan biaya langsung untuk menganalisa hubungan antara biaya, laba, bauran produk, dan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perencanaan laba menggunakan analisis cost volume profit, mengetahui tingkat penjualan tahun 2021 yang harus dicapai perusahaan sesuai target laba yang diin…
Setiap usaha dalam menjalankan bisnis memiliki tujuan untuk mencari laba, agar perusahaan bisa terus beroperasi. Dalam mencapai tujuan tersebut, diperlukan rencana yang mendasar yaitu salah satunya dengan cara analisis cost volume profit. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini antara lain contribution margin, break even point, margin of safety, operating leverage, dan shut d…
Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi kondisi masyarakat di seluruh bidang usaha. Hampir semua usaha mengalami penurunan penjualan akibat melemahnya daya beli masyarakat. Dalam menghadapi pandemi ini diperlukan penanganan dan pengelolaan yang baik dari manajemen dengan menetapkan tujuan dan membentuk perencanaan, khususnya perencanaan laba. Perencanaan bisa menggunakan analisis biaya…
Tujuan penelitian ini adalah menghitung break event point sebagai dasar perencanaan laba dan menentukan batas aman penjualan produk kopi tahun 2012 pada PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Semarang agar tidak mengalami kerugian. Penelitian ini menggunakan data sekunder dari PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) Semarang. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara dan studi pu…