Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang mulai menjauh dari budaya-budaya lama Indonesia, salah satunya adalah budaya pewayangan. Dalam upaya untuk menggabungkan hiburan dan pembelajaran, telah dikembangkan permainan edukasi berjudul Anoman Obong. Permainan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bermain yang menghibur sekaligus memberikan pemahaman tentang kisah tradisional pew…
Saat ini perkembangan teknologi terjadi sangat cepat. Dunia Pendidikan sudah banyak menggunakan teknologi canggih seperti komputer, proyektor, dan sebagainya, sehingga proses pembelajaran lebih interaktif. Tugas akhir dengan judul
Masa pandemi sudah berjalan selama lebih dari dua tahun, selama itu siswa dibangku SD hingga perguruan tinggi melakukan kegiatan belajar secara online dan mandiri di rumah masing-masing. Kadang ditemui siswa yang sulit memahami materi disebabkan oleh terbatasnya interaksi antara peserta didik dan juga pengajar. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk membuat sistem pembelajaran…
Masa pandemi sejak yang dimulai sejak 2 Tahun lalu menyebabkan sulitnya penyampaian materi yang dilakukan oleh tenaga pendidik yang hanya bisa menyampaikan materi secara online. Hal inilah yang membuat pendidik membuat materi penyampaian yang lebih interaktif dan menarik yaitu melalui Game. Dibuatnya tugas akhir berjudul
Salah satu dampak dari pandemi covid-19 adalah pola pendidikan karakter yang agak terbatas. Banyak pelajar yang asyik dengan belajar daring tanpa memaksimalkan sosialisasi, kerjasama, dan kolaborasi dengan sesama yang sarat dengan penanaman sikap/karakter. Hal ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan bagaimana mengembangkan pendidikan karakter bagi siswa selama masa new normal. Tuj…