Muhamad Hafidiin dan Nicholas Raditya Nakevin Sagala “SIOMAY TYCOON: GAME EDUKASI NILAI MORAL DENGAN UNITY 3D BERBASIS DESKTOP”, Tugas Akhir DIII Jurusan Elektro Politeknik Negeri Semarang, dibawah bimbingan Liliek Triyono, S.T., M. Kom., dan Nurseno Bayu Aji, S,Kom.,M.Kom., Agustus 2023,114 halaman. Perkembangan teknologi dan media belajar modern telah menciptakan berbagai variasi dalam…
Saat teknologi semakin maju, semua bidang pekerjaan di dunia pasti akan terkena dampaknya, tidak terkecuali dengan perindustrian. Hampir seluruh industri yang ada pada saat ini mulai memanfaatkan perkembangan teknologi sebagai sebuah alat atau kontrol yang digunakan sebagai penunjang dari proses produksi. Diawali dengan menggunakan kontrol yang sederhana atau masih bermodalkan manusia, hingga b…
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah merupakan satuan perangkat daerah dilingkungan pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang memiliki tugas dan fungsi sebagai penyelenggara pengembangan kompetensi ASN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil pengaruh pembelajaran campuran terhadap hasil belajar peserta pelatihan teknis pada BPSDMD Provinsi Jawa Tengah …
Balai Besar Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BBPVP) sebagai salah satu lembaga pemerintahan di bidang pelatihan vokasi dan produktivitas masih mempunyai beberapa kekurangan dalam hal sarana dan prasarana maupun motivasi belajar yang berasal dari peserta pelatihan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sarana prasarana dan motivasi belajar terhadap efektivitas…
Badang Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Jawa Tengah merupakan satuan kerja perangkat daerah dilingkungan pemerintah Provinsi Jawa Tengah yang memiliki tugas dan fungsi sebagai penyelenggara pengembangan kompetensi ASN. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran Massive Open Online Course (MOOC) terhadap hasil belajar peserta pelatihan…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja keuangan berdasarkan proses bisnis internal perusahaan dengan metode balanced scorecard pada perusahaan berbagai sektor dengan kapitalisasi tertinggi di Bursa Efek Indonesia yang mengalami penurunan laba di tahun 2020-2021. Desain penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif terapan deskriptif. Sampel penelitian dipilih menggunaka…
Prototype merupakan suatu alat yang digunakan sebagai media pembelajaran yang mempunyai bentuk dan fungsi sama seperti alat atau unit yang aslinya. Penggunaan alat simulator sebagai sarana pembelajaran merupakan salah satu metode pembelajaran yang sangat baik digunakan untuk mengetahui komponen, fungsi, dan cara kerja dari alat atau unit tersebut. Keterbatasan dalam penyampaian mate…