Penelitian ini mengambil studi kasus pada PT Emas Jaya Sejahtera yang merupakan perusahaan jasa penerimaan atau pengiriman barang ekspor impor. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan target penjualan, target laba, dan proyeksi cost volume profit menggunakan cost volume profit analysis jika PT Emas Jaya Sejahtera mengikuti peningkatan kegiatan operasional setelah pencabutan wabah covid-19 yan…
ABSTRAK Olivia Novitasari, “Perencanaan Laba Dengan Metode Cost Volume Profit (CVP) Pada Sentra Kulit Lunpia Semarang”, Skripsi Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Siti Arbainah, S.E., M.M. dan Ardian Widianto, S.E, M.Si.Ak., CA. Analisis Cost Volume Profit adalah metode perencanaan laba untuk jangka pendek yang mendasar pada perhitungan dampak perubahan bia…
Analisis perencanaan laba yang dapat dilakukan salah satunya dengan menggunakan metode Cost Volume Profit (CVP). Analisis cost volume profit merupakan metode untuk menganalisis bagaimana keputusan operasi dan keputusan pemasaran mempengaruhi laba bersih, berdasarkan pemahaman tentang hubungan antara biaya variabel, biaya tetap, harga jual per unit, dan tingkat output.Penelitian ini bertujuan …
Pandemi Covid-19 sangat mempengaruhi kondisi masyarakat di seluruh bidang usaha. Hampir semua usaha mengalami penurunan penjualan akibat melemahnya daya beli masyarakat. Dalam menghadapi pandemi ini diperlukan penanganan dan pengelolaan yang baik dari manajemen dengan menetapkan tujuan dan membentuk perencanaan, khususnya perencanaan laba. Perencanaan bisa menggunakan analisis biaya…
Setiap usaha dalam menjalankan bisnis memiliki tujuan untuk mencari laba, agar perusahaan bisa terus beroperasi. Dalam mencapai tujuan tersebut, diperlukan rencana yang mendasar yaitu salah satunya dengan cara analisis cost volume profit. Parameter yang digunakan dalam penelitian ini antara lain contribution margin, break even point, margin of safety, operating leverage, dan shut d…
Analisis cost volume profit merupakan alat perencanaan jangka pendek yang memperhitungkan biaya langsung untuk menganalisa hubungan antara biaya, laba, bauran produk, dan volume penjualan. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun perencanaan laba menggunakan analisis cost volume profit, mengetahui tingkat penjualan tahun 2021 yang harus dicapai perusahaan sesuai target laba yang diin…