Hanna Firdausiah Fasya Kamilla dan Muhammad Bintang Pramono. “Aplikasi Edukasi Anatomi Sistem Pernapasan Manusia Berbasis Mixed Reality Dengan Interaksi Occlusion Detection”, Tugas Akhir DIII Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Liliek Triyono, S.T., M.KOM. dan Muhammad Irwan Yanwari, S.KOM., M.ENG., 16 Agustus 2023, 91 hal…
Semakin bertambahnya zaman, semakin banyak orang-orang yang mulai meninggalkan budaya-budaya lama Indonesia, salah satunya adalah cerita rakyat Malin Kundang. Hal ini disebabkan oleh semakin banyak orang yang menyadari akan pentingnya era moderen dan globalisasi, padahal Cerita-cerita rakyat Indonesia sangat penting untuk dilenstarikan karena merupakan salah satu identitas bangsa Indonesia itu …
Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang mulai menjauh dari budaya-budaya lama Indonesia, salah satunya adalah budaya pewayangan. Dalam upaya untuk menggabungkan hiburan dan pembelajaran, telah dikembangkan permainan edukasi berjudul Anoman Obong. Permainan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bermain yang menghibur sekaligus memberikan pemahaman tentang kisah tradisional pew…
Abdul Halim Muzakky dan Arya Maulana Gibran, “LostMemory : Game RPG Pengenalan Sejarah Perang Dunia Bertema Pasca Armagedon”, Tugas akhir DIII Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang, dibawah bimbingan Liliek Triyono , S.T., M.Kom. dan Mardiyono, S.Kom., M.Sc., Agustus 2023, 76. Minat generasi muda dan masyarakat secara umum terhadap seja…
Saat ini perkembangan teknologi terjadi sangat cepat. Dunia Pendidikan sudah banyak menggunakan teknologi canggih seperti komputer, proyektor, dan sebagainya, sehingga proses pembelajaran lebih interaktif. Tugas akhir dengan judul
Salah satu dampak dari pandemi covid-19 adalah pola pendidikan karakter yang agak terbatas. Banyak pelajar yang asyik dengan belajar daring tanpa memaksimalkan sosialisasi, kerjasama, dan kolaborasi dengan sesama yang sarat dengan penanaman sikap/karakter. Hal ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan bagaimana mengembangkan pendidikan karakter bagi siswa selama masa new normal. Tuj…
Masa pandemi sejak yang dimulai sejak 2 Tahun lalu menyebabkan sulitnya penyampaian materi yang dilakukan oleh tenaga pendidik yang hanya bisa menyampaikan materi secara online. Hal inilah yang membuat pendidik membuat materi penyampaian yang lebih interaktif dan menarik yaitu melalui Game. Dibuatnya tugas akhir berjudul
Masa pandemi sudah berjalan selama lebih dari dua tahun, selama itu siswa dibangku SD hingga perguruan tinggi melakukan kegiatan belajar secara online dan mandiri di rumah masing-masing. Kadang ditemui siswa yang sulit memahami materi disebabkan oleh terbatasnya interaksi antara peserta didik dan juga pengajar. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk membuat sistem pembelajaran…