TA DIGITAL
Analisis customer satisfaction index (CSI) pada kualitas layanan ATM (Studi komparasi ATM Bank Negara Indonesia dengan ATM Bank Rakyat Indonesia)
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membandingkan besarnya tingkat kepuasan para pengguna jasa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) pada Bank Negara Indonesia dan Bank Rakyat Indonesia melalui uji customer satisfaction index (CSI). Dengan adanya penelitian ini diharapkan hasilnya akan bermanfaat untuk pihak Bank Negara Indonesia maupun Bank Rakyat Indonesia tersebut yaitu sebagai bahan evaluasi dalam meningkatkan kualitas layanan khususnya pada jasa ATM.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulissan Tugas Akhir ini adalah metode penelitian terapan dengan menggunakan metode sampling yaitu accidental sampling, dengan jumlah sampel yang diambil masing-masing sebanyak 30 orang responden. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk data primer adalah dengan kuesioner sedangkan untuk data sekunder adalah dengan pengumpulan data dari keterangan-keterangan atau publikasi melalui internet, majalah atau Koran serta dengan cara kajian pustaka.
Dari hasil penelitian ini, setiap butir pertanyaan yang terdiri dari masing-masing indikator disetiap variabel ATM (Anjungan Tunai Mandiri) yaitu bentuk fisik (tangibles), kehandalan (reliability), dan jaminan (assurance) baik pada ATM Bank BNI maupun ATM Bank BRI dinyatakan valid dan reliabel.
Dari hasil pembahasan pada penelitian ini diketahui bahwa dengan menggunakan uji indeks kepuasan, pengguna jasa layanan ATM dari Bank BNI dan Bank BRI merasa puas dengan kinerja ATM dari Bank BNI dan Bank BRI.
No other version available