TA DIGITAL
Pengaruh Relationship Marketing Terhadap Kepusasn dan Loyalitas Nasabah Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Semarang
Relationship Marketing merupakan hubungan berorientasi pelanggan yang bertujuan untuk menjalin komunikasi dan hubungan antara penyedia jasa dan nasabah untuk meningkatkan penggunaan jasa secara terus menerus dan kepuasan pelanggan dalam jangka panjang serta untuk menciptakan loyalitas pelanggan. Penelitian ini ditujukan untuk menguji pengaruh Relationship Marketing dengan variabel empati, komunikasi, dan kepercayaan terhadap kepuasan dan loyalitas nasabah. Sampel penelitian ini adalah nasabah PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Semarang, sejumlah 105 orang. Structural Equation Modeling (SEM) yang dijalankan dengan perangkat lunak AMOS 6.0 digunakan untuk menganalisis data. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel Relationship Marketing (empati, komunikasi, dan kepercayaan) berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan probabilitas masing-masing sebesar 0,288; 0,879; dan 0,600 sedangkan kepuasan nasabah berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah dengan probabilitas sebesar 0,000. Oleh karena itu manajeman PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk. Cabang Semarang diharapkan menjaga kepuasan nasabah guna meningkatkan loyalitas nasabah.
No other version available