TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang = The Effect of Service Quality and Corporate Image on Customer Satisfaction of PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan terhadap Kepuasan Konsumen PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling terhadap 100 responden yang merupakan konsumen PT Kereta Api Indonesia (Persero) DAOP IV Semarang yang telah pesan tiket lebih dari 2 kali. Variabel independen/bebas dari penelitian ini adalah Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan dan variabel dependen/terikat dari penelitian ini adalah Kepuasan Konsumen. Metode analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif responden, metode regresi linier berganda, uji t, uji f dan koefisien determinasi. Berdasarkan perhitungan menggunakan SPSS versi 26, hasil penelitian menunjukkan bahwa persamaan regresi Y = 0,198 + 0,669 X1 + 0,297 X2 yang dapat diartikan bahwa Kualitas Pelayanan (X1) dan Citra Perusahaan (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Konsumen (Y). Variabel Kualitas Pelayanan (X1) memberikan pengaruh terbesar dalam meningkatkan Kepuasan Konsumen, dengan nilai koefisien regresi yaitu sebesar 0,669. Berdasarkan hasil uji t pada Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan H0 ditolak dan Ha diterima karena masing-masing variabel memiliki nilai t_hitung lebih besar dari t_tabel. Hasil uji f menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima karena F_hitung lebih besar dari F_tabel. Berdasarkan hasil analisis koefisien determinasi menunjukan bahwa besarnya Adjusted R Square adalah 0,823. Hal tersebut berarti 82,3% Kepuasan Konsumen dipengaruhi oleh variabel independen/bebas yaitu Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan, sedangkan 17,7% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti pada penelitian ini.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan, Kepuasan Konsumen
No other version available