SKRIPSI DIGITAL
Analisis Pengukuran Kinerja PT. Jasa Raharja Dengan Menggunakan Balanced Scorecard = Performance Measurement Analysis Of PT. Jasa Raharja Using Balanced Scorecard
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kinerja PT. Jasa Raharja dengan menggunakan empat perspektif balanced scorecard serta melakukan analisis perbandingan kinerja dari tahun 2019 hingga 2022. Penelitian ini bersifat kuantitatif, dengan metode pengumpulan data berupa dokumentasi. Data yang digunakan adalah data sekunder, termasuk gambaran umum dan laporan keuangan PT. Jasa Raharja dari tahun 2019 hingga 2022. Tolok ukur perspektif keuangan menggunakan rasio profitabilitas dan solvabilitas. Untuk perspektif pelanggan, tolok ukurnya adalah profitabilitas pelanggan dan retensi pelanggan. Perspektif proses bisnis internal diukur melalui inovasi perusahaan, sedangkan perspektif pertumbuhan dan pembelajaran diukur melalui retensi karyawan. Hasil perhitungan balanced scorecard menunjukkan bahwa perspektif keuangan berada dalam kategori A, perspektif pelanggan pada tahun 2020 dalam kategori AA, dan pada tahun 2019, 2021, serta 2022 dalam kategori AAA. Perspektif proses bisnis internal pada tahun 2019 hingga 2021 berada dalam kategori AAA, namun pada tahun 2022 berada dalam kategori A. Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran selalu berada dalam kategori AAA. Secara keseluruhan, kinerja perusahaan dari tahun 2019 hingga 2021 berada dalam kategori AAA, sedangkan pada tahun 2022 berada dalam kategori AA.
No other version available