SKRIPSI DIGITAL
Optimalisasi SEO dengan Membangun Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Web Responsive Sebagai Media Pemasaran Online Jasa Cuci Sepatu pada MP Shoes Kudus = SEO Optimization by Developing a Responsive Web-Based Marketing Information System as an Online Marketing Medium for Shoe Cleaning Services at MP Shoes Kudus
Era digital saat ini, pemasaran online melalui website menjadi kunci guna menyampaikan layanan dengan jelas kepada konsumen. Salah satu strategi yang dapat diambil dalam pemasaran melalui media digital adalah dengan memanfaatkan sistem informasi pemasaran berbasis Web Responsive dengan mengimplementasikan Search Engine Optimization (SEO) agar website berada pada hasil teratas di mesin pencarian. MP Shoes Kudus merupakan UMKM yang menawarkan jasa layanan cuci sepatu, tas, dan helm yang berlokasi di Kudus Jawa tengah. Penelitian ini bertujuan mengoptimalkan strategi pemasaran digital pada MP Shoes Kudus melalui pembangunan website dan layanan pemesanan online untuk meningkatkan kualitas pemasaran dan memperluas pangsa pasar. Penelitian ini menggunakan metode System Development Life Cycle dengan model Waterfall. Model waterfall merupakan metode pengembangan sistem yang memiliki tahapan secara berurutan sehingga lebih mudah digunakan dan memungkinkan kebutuhan sistem didefinisikan secara utuh dan tepat pada awal proyek. Pengujian dilakukan menggunakan dua metode, yaitu alpha testing dan beta testing. Hasil pengujian menunjukkan bahwa website yang dibangun mampu mengoptimalkan SEO dengan baik, sehingga memudahkan pengguna dalam menemukan website di mesin pencari dan website juga dapat menyesuaikan tampilan halaman dengan perangkat yang digunakan seperti desktop, tablet, dan smartphone.
No other version available