TA DIGITAL
Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Manajemen Hubungan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada PT SUCOFINDO CABANG SEMARANG = The Effect of Service Quality and Customer Relationship Management on Customer Loyalty at PT SUCOFINDO Branch SEMARANG
ABSTRAK
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN MANAJEMEN
HUBUNGAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS
PELANGGAN PADA PT SUCOFINDO CABANG
SEMARANG
Jumlah pelanggan PT Sucofindo Cabang Semarang mengalami kenaikan
dan penurunan yang tidak pasti. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pengaruh kualitas pelayanan dan manajemen hubungan pelanggan terhadap
loyalitas pelanggan. Sampel penelitian merupakan 100 responden yang
menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data primer
menggunakan kuesioner, serta studi literatur untuk data sekunder. Metode
analisis yang digunakan yaitu uji validitas, uji reliabilitas, analisis deskriptif,
uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji t, uji F, koefisien
korelasi, dan koefisien determinasi. Berdasarkan hasil analisis koefisien
determinasi bahwa besarnya Adjusted R Square adalah sebesar 0,648 atau
64,8 %. Maka dapat disimpulkan bahwa kontribusi variabel Kualitas
Pelayanan dan Manajemen Hubungan Pelanggan memberikan sumbangan
terhadap Loyalitas Pelanggan sebesar 64,8%, sedangkan sisanya 35,2%
ditentukan oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian
ini.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dan
manajemen hubungan pelanggan memiliki pengaruh positif dan signifikan
terhadap loyalitas pelanggan. Variabel kualitas pelayanan merupakan
variabel yang paling berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan dengan nilai
regresi sebesar 0,501. Variabel yang berpengaruh lebih kecil terhadap
loyalitas pelanggan yaitu variabel manajemen hubungan pelanggan dengan
nilai regresi sebesar 0,193.
Kata Kunci: kualitas pelayanan, manajemen hubungan pelanggan, loyalitas
pelanggan
No other version available