TA DIGITAL
Pengaruh Membership Program terhadap Customer Loyalty Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Semarang = The Influence of Membership Program on Customer Loyalty of Garuda Indonesia Airline at PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Semarang
Pengaruh Membership Program terhadap Customer Loyalty Maskapai Penerbangan Garuda Indonesia pada PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Branch Office Semarang
Perusahaan akan mendapat keuntungan dari pelanggan yang setia. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh adanya membership program terhadap customer loyalty di kantor cabang Garuda Indonesia Semarang. Kuesioner, observasi, dan studi pustaka digunakan untuk mengumpulkan data. Jumlah populasi yang digunakan yaitu jumlah redemption mileage selama tahun 2023 di PT Garuda Indonesia branch office Semarang. Jumlah sampel dihitung dengan rumus Slovin menggunakan teknik purposive sampling dan didapatkan hasil 100 responden yang dipilih. Uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana, uji t, dan koefisien determinasi digunakan untuk menganalisis data yang diolah dengan IBM SPSS Statistic versi 25. Temuan pengujian analisis regresi linier sederhana menunjukkan persamaan Y = 2,112 + 0,358X. Nilai koefisien sebesar 0,358 yang menunjukkan bahwa membership program memiliki pengaruh positif terhadap customer loyalty. Hasil pengujian uji t, dengan sig 0,000 < 0,05, ini menunjukkan membership program memiliki pengaruh yang signifikan terhadap customer loyalty secara parsial. Pada penelitian ini menemukan bahwa jika membership program dapat memberikan keuntungan kepada penumpang Garuda Indonesia dan loyalitas pelanggan akan meningkat.
Kata Kunci : customer loyalty, keuntungan, membership program, pengaruh, perusahaan
No other version available