TA DIGITAL
Analisis Pengaruh Nilai Pelanggan, Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah Pada PT Bank Jateng Cabang Pembantu Polines
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah dimensi nilai pelanggan, kualitas pelayanan dan kepuasan nasabah berpengaruh terhadap loyalitas nasabah PT. Bank Jateng Cabang Pembantu Polines.
Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan PT. Bank Jateng Cabang Pembantu Semarang. Sampel yang diambil sebanyak 70 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive Sampling, yaitu pengambilan sampel berdasarkan target tertentu, adapun kriteria pengambilan sampel adalah responden nasabah tabungan PT. Bank Jateng Cabang Pembantu Polines, berdomisili Semarang dan berumur di atas 17 tahun. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis regresi berganda yang dilakukan dengan SPSS 16. Salah satu syarat untuk melakukan uji analisis berganda perlu dilakukan uji asumsi klasik.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut: Loyalitas Nasabah (Y) = 0,172 + 0,37 Nilai Pelanggan + 0,416 Kualitas Pelayanan + 0,205 Kepuasan Nasabah + e. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak terjadi heteroskedastisitas dan autokorelasi, serta berdistribusi normal. Sementara itu, hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa indikator-indikator pada penelitian ini berpengaruh signifikan.
No other version available