TA DIGITAL
Analisis Sikap Nasabah Atas Kinerja Teller Pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk. Cabang Ungaran
Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan mengidentifikasi indikator-indikator kualitas
layanan yang dapat meningkatkan sikap positif nasabah atas kualitas layanan. Dengan menganalisis indikator-indikator kualitas layanan yang dapat meningkatkan sikap positif nasabah atas layanan teller pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Ungaran dan mengembangkan kebijakan untuk meningkatkan sikap positif nasabah atas kinerja teller pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero), Tbk Cabang Ungaran. Penelitian ini menggunakan lima indikator kualitas layanan untuk mengukur sikap nasabah , yaitu tangible (bukti langsung), reliability (keandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), dan
empathy (empati).
Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data dengan kuesioner dan observasi. Teknik pengambilan sample yang digunakan yaitu teknik purposive sampling dengan sampel sebanyak 50 responden dari nasabah Bank BRI Cabang Ungaran.
Data hasil uji sikap (Uji Fishbein) dinyatakan bahwa dari kelima indikator kualitas layanan pembentuk persepsi positif nasabah terdapat lima indikator dan 20 sub indikator yang telah diuji dimana terdapat 3 sub indikator yang dihilangkan yaitu penampilan seorang teller yang menarik (X3), handing complain dan teller mampu memberikan solusi (X12), dan teller mampu berkomunikasi dengan baik (X14). Hasil penelitiannya terbukti bahwa indikator tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy sebagai tolak ukur pembentuk sikap positif nasabah. Indikator tangible, dan responsiveness menunjukkan hasil sikap positif
sedangkan indikator reliability, assurance, dan empathy menunjukkan hasil netral.
No other version available