Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang mulai menjauh dari budaya-budaya lama Indonesia, salah satunya adalah budaya pewayangan. Dalam upaya untuk menggabungkan hiburan dan pembelajaran, telah dikembangkan permainan edukasi berjudul Anoman Obong. Permainan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman bermain yang menghibur sekaligus memberikan pemahaman tentang kisah tradisional pew…
Pendidikan anak di Indonesia adalah suatu Pendidikan anak-anak yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dalam pengembangan ilmu pengetahuan, motoric ketangkasan, dan konsentrasi pada anak-anak di Indonesia. Untuk membuat pembelajaran yang interaktif upaya untuk menghibur anak dan memajukan Pendidikan di Indonesia, dapat diperkenalkan dengan game pada smartphone di android, seperti g…
Abdul Halim Muzakky dan Arya Maulana Gibran, “LostMemory : Game RPG Pengenalan Sejarah Perang Dunia Bertema Pasca Armagedon”, Tugas akhir DIII Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang, dibawah bimbingan Liliek Triyono , S.T., M.Kom. dan Mardiyono, S.Kom., M.Sc., Agustus 2023, 76. Minat generasi muda dan masyarakat secara umum terhadap seja…
Salah satu masalah yang timbul dalam lingkungan bermasyarakat di Indonesia adalah semakin memudarnya kebudayaan asli Indonesia. Budaya Indonesia merupakan hasil pemikiran nenek moyang bangsa Indonesia yang hidup dan membaur dengan masyarakat dari masa ke masa. Orang orang telah tergerus perkembangan zaman yang makin modern sehingga sudah banyak yang melupakan kebudayaan Indonesia. …
Tugas Akhir ini bertujuan untuk memperkenalkan salah satu warisan budaya indonesia berupa jamu kepada masyarakat umum melalui media Game dengan bentuk tiga dimensi. Game ini mengajak pengguna untuk menyelesaikan beberapa misi dengan menemukan bahan bahan penyusun jamu dari Indonesia. Game ini diproduksi menggunakan game engine Unity 3D, dengan asset tiga dimensi yang dibuat di Blender…
Di era sekarang ini, penggunaan teknologi sudah menjadi hal yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu penggunaan teknologi yang sudah sangat umum yaitu sebagai media pembelajaran dalam dunia pendidikan. Penerapan teknologi sebagai media pembelajaran salah satunya berbentuk aplikasi game visual novel. Tugas Akhir ini bertujuan untuk memudahkan pembelajaran murid kela…
Saat ini perkembangan teknologi terjadi sangat cepat. Dunia Pendidikan sudah banyak menggunakan teknologi canggih seperti komputer, proyektor, dan sebagainya, sehingga proses pembelajaran lebih interaktif. Tugas akhir dengan judul
Salah satu dampak dari pandemi covid-19 adalah pola pendidikan karakter yang agak terbatas. Banyak pelajar yang asyik dengan belajar daring tanpa memaksimalkan sosialisasi, kerjasama, dan kolaborasi dengan sesama yang sarat dengan penanaman sikap/karakter. Hal ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan bagaimana mengembangkan pendidikan karakter bagi siswa selama masa new normal. Tuj…
Company management system is the coordinated application of knowledge, skills and expertise with predetermined limited resources. The main objective of the company management system is to meet or exceed the targets and expectations desired by the various parties with an interest in the project. With a good company management system, the desired results from the project can be achieved o…
Masa pandemi sudah berjalan selama lebih dari dua tahun, selama itu siswa dibangku SD hingga perguruan tinggi melakukan kegiatan belajar secara online dan mandiri di rumah masing-masing. Kadang ditemui siswa yang sulit memahami materi disebabkan oleh terbatasnya interaksi antara peserta didik dan juga pengajar. Hal ini dapat dimanfaatkan oleh pendidik untuk membuat sistem pembelajaran…