Seiring dengan perkembangan zaman, teknologi semakin menginstruksi berbagai aspek kehidupan termasuk bidang pendidikan. Digitalisasi dalam pendidikan memperluas aksesibilitas, meningkatkan efektivitas, dan efisiensi pembelajaran. Salah satu metode inovatif adalah Digital Game Based Learning yang memanfaatkan video game untuk tujuan pembelajaran dan merangsang proses kognitif kompleks siswa deng…
Kendala dalam pembelajaran sering menyebabkan rendahnya prestasi siswa, dipengaruhi oleh faktor psikologis seperti minat dan motivasi yang. Teknologi seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR) menawarkan peluang baru untuk meningkatkan pengalaman belajar, terutama dalam Ilmu Pengetahuan Alam dan Sistem Tata Surya. Penelitian ini membahas penggunaan Mixed Realit…
Masalah kesehatan gigi dan mulut di Indonesia masih menjadi perhatian serius. Salah satu tantangan utama adalah kurangnya efektivitas dalam edukasi kesehatan gigi dan mulut. Metode penyuluhan tradisional seringkali tidak mampu memberikan visualisasi yang jelas dan interaktif mengenai struktur dan fungsi gigi serta mulut. Pasien sering mengalami kesulitan memahami informasi yang diberikan. Kur…
Fatkhiya Firdausy Nuzulia Suryonegoro dan Nandya Nurmala, “Pengembangan Augmented Reality Untuk Pengenalan Objek Museum Kota Lama Semarang Berbasis Android Sebagai Penunjang Sektor Pariwisata“, Tugas Akhir DIII Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Sukamto, S.Kom., M.T. dan Mardiyono, S.Kom., M.Sc., 16 Juli 2024, 109 halaman. Dalam era digital saat ini, te…
Aulia Alfiana dan Raihana Khalika Putri. “Aplikasi Edukasi Berbasis Mixed Reality untuk Pengenalan Bagian Tumbuhan sebagai Pendukung Gaya Belajar Visual, Auditori, dan Kinestetik”, Tugas Akhir DIII Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Slamet Handoko, S.Kom., M.Kom. dan Sukamto, S.Kom., M.T., Juli 2024. Dengan berkembang…
Afifin Ihza Ramadlan dan Damar Satria Buana, “Pengembangan Aplikasi Estimasi Kalori dan Rekomendasi Makanan untuk Program Diet”, Tugas Akhir DIII Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, dibawah bimbingan Sukamto, S.Kom, M.T dan Liliek Triyono, S.T., M.Kom., Juli 2024, 97 halaman Obesitas merupakan masalah kesehatan yang semakin mendesak di Ind…
Kualitas udara dalam ruangan tertutup merupakan faktor penting yang mempengaruhi kesehatan dan kenyamanan penghuninya. Dengan meningkatnya kekhawatiran terhadap polusi udara, monitoring kualitas udara dalam ruangan menjadi sangat krusial. Penelitian ini mengembangkan sebuah sistem monitoring kualitas udara berbasis Internet of Things (IoT) yang dirancang untuk memantau dan menganalisis paramete…
Isfahani Pramono Jati dan Rizal Nugroho, “Sistem Cerdas Pemantauan Kualitas Udara Menggunakan Teknologi Internet of Things (IoT) dan Artificial Intelligence”, Skripsi DIV Progam Study Teknologi Rekayasa Komputer, Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Sukamto, S.Kom., M.T. dan Liliek Triyono, S.T., M.Kom. Juli 2024. Udara merupakan komponen utama di bumi yang…
Motif batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi dan keragaman yang kaya serta unik. Dalam upaya melestarikan dan mengembangkan motif batik, penelitian ini merancang dan membangun aplikasi cerdas untuk menghasilkan motif batik secara otomatis menggunakan metode deep learning. Aplikasi ini memanfaatkan teknologi deep learning untuk mempelajari pola-pola b…
Perkembangan teknologi informasi telah mendorong kemajuan berbagai organisasi, termasuk perusahaan yang mengandalkan sistem informasi berbasis web. Namun seiring pesatnya pengembangan website yang ada pada saat ini terutama pada ruang lingkup industri, dapat menyebabkan banyaknya eksploitasi celah keamanan dengan memanfaatkan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi serta …