Dalam pembangunan ramp off, perencanaan dan pembangunan pondasi sangat penting untuk memastikan mampu menahan beban. Ramp off Jalan Tol Semarang - Demak 1B menggunakan tiang pancang sebagai pondasi utama struktur slab on pile ramp off. Sebelum aplikasi tiang pancang, dilakukan pengujian tanah untuk mendapatkan N-SPT dan indeks properti tanah, kemudian digunakan untuk menghitung daya dukung aksi…
Proyek Pembangunan Jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulonprogo Seksi II Paket 2.2 memiliki nilai kontrak addendum II sebesar Rp1.330.738.060.092,96 dengan durasi pekerjaan 77 minggu. Progress pekerjaan hingga penelitian ini dibuat telah mencapai minggu ke-43 dengan deviasi sebesar -1,1%, berdasarkan hal tersebut perlu dilakukan pengendalian untuk mengontrol pelaksanaan pekerjaan proy…
Tol Yogyakarta-Bawen Seksi 1.1 terdapat simpang susun Banyurejo di desa Bligo, kecamatan Ngluwar, Kabupaten Magelang. Berdasarkan data BPBD Kabupaten Magelang tahun 2024 wilayah simpang susun Banyurejo memiliki bahaya banjir tinggi. Dalam penelitian ini dilakukan permodelan dengan mengumpulkan data hidrologi serta data hidrolika. Data hidrologi berupa data curah hujan dari BBWS Serayu Opak.…
Pembangunan Abutment 2 Jembatan Akses Banyurejo STA 00+625 untuk Proyek Jalan Tol Yogyakarta-Bawen awalnya direncanakan dengan bored pile sedalam 36 meter dan 12 tiang (6x2). Pekerjaan dihentikan saat pengeboran mencapai 29 meter karena ditemukan akuifer, yang mengurangi kapasitas daya dukung tiang dan berpotensi menyebabkan artesis. Studi ini bertujuan merencanakan variasi bored pile yang efek…
Jembatan adalah suatu prasarana transportasi darat yang dapat dilalui oleh kendaraan atau pejalan kaki untuk melintasi medan yang sulit seperti sungai, danau, jalan raya, jalan kereta api, dan sebagainya. Mengingat pentingnya peranan jembatan bagi kehidupan manusia, maka harus ditinjau kelayakan konstruksi jembatan yang ada hubungannya dengan klasifikasi jembatan sesuai dengan tingkat pela…
ABSTRAK Jalan tol Pemalang-Batang sebagai jalan penghubung dengan frekuensi lalu lintas yang cukup tinggi, di mana kendaraan berat sering melewati ruas ini dan menyebabkan kerusakan pada struktur jalan. Untuk memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) jalan tol dilakukan penelitian dengan tujuan mengidentifikasi kerusakan, mengetahui seberapa besar kerusakan yang terjadi, dan mengetahu…
Jembatan Bagor yang berada di STA 25+748 memiliki kondisi sungai yang berliku menyebabkan posisi pilar 1 (P1) tidak sejajar atau zig-zag, yang mengakibatkan perbedaan panjang konstruksi antara Jalur A sepanjang 31,50 meter dan Jalur B sepanjang 46,50 meter. Perbedaan panjang ini berdampak pada pembebanan yang tidak seimbang pada abutment Jembatan Bagor, yang mempengaruhi stabilitas abutment…
Studi Pengaruh Temperatur pada Mass Concrete. Adanya perbedaan temperatur mass concrete pada beton mockup metode Pre Cooling dengan kolom tahap kedua metode Pre Cooling dan Pipe cooling P.12 STA 1+248.194 pada proyek Pembangunan Jalan Tol Semarang – Demak Paket 1A. Temperatur puncak melebihi 71 °C mengakibatkan perubahan volume, thermal cracking, dan dapat terjadinya delay ettringite yang da…
Penelitian ini mengenai analisis kebutuhan waku minimum erection girder pada Jembatan Bagor (pier zig-zag) pada Proyek Jalan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo Seksi 1 Paket 1.2. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan kebutuhan waktu minimum erection girder Jembatan Bagor, menganalisis waktu siklus erection girder Jembatan Bagor dan Basin, serta produktivitas pekerjaan erection gi…
Penelitian ini menganalisis pengaruh PCM terhadap ketepatan analisa pengukuran volume pekerjaan tanah pada proyek pembangunan Tol Solo – Yogyakarta – NYIA Kulon Progo Seksi 1 Paket 1.2: Klaten – Purwomartani STA 22+300 s.d STA 42+375. Penelitian ini membahas adanya perbedaan pengukuran volume pekerjaan tanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi dan kinerja PCM sangat berpengaruh…