Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, pengalaman pelanggan, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap kepuasan pelanggan pada Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan studi pustaka. Kuesioner yang digunakan adalah Skala Likert dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah …
Perusahaan keagenan kapal merupakan bisnis di bidang jasa yang semua proses bisnisnya diatur dalam undang-undang sehingga perusahaan hanya bersaing dalam segi pelayanan. Pelayanan erat kaitannya dengan interaksi yang dilakukan antara perusahaan dan pelanggan dalam menghantarkan produk, untuk itu etika diperlukan dalam berbisnis guna menciptakan pengalaman baik pelanggan dalam penggunaan produk …
Paket Tri Ibadah dari Indosat adalah paket khusus yang dirancang untuk pengguna yang melakukan ibadah haji atau umrah. Paket ini biasanya mencakup layanan seperti data, telepon, dan SMS dengan tarif yang lebih terjangkau, khususnya untuk digunakan di Arab Saudi. Paket ini sangat membantu jamaah haji dan umrah untuk tetap terhubung dengan keluarga di Indonesia tanpa harus khawatir tentang biaya …
Tenaga kerja manusia mempunyai peran penting dalam perusahaan agar mampu bersaing di pasar global maupun internasional. Kepemimpinan yang efektif dapat mendorong individu untuk bekerja lebih bersemangat serta memberikan motivasi dan penghargaan kepada karyawan sebagai bentuk dari prestasi kerja yang telah dicapai karyawan. Keterlibatan karyawan dapat membantu organisasi mendapatkan kinerja kary…
Penelitian ini meneliti tingginya tingkat keterlambatan karyawan setiap hari dengan rata-rata 15% selama periode Januari hingga Mei 2024, yang mengindikasikan kurangnya Disiplin Kerja di antara karyawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana Modal Sosial, Disiplin Kerja, dan Lingkungan Kerja memengaruhi Kepuasan Kerja karyawan. Studi ini bersifat kuantitatif dan meng…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kapabilitas teknologi informasi terhadap kelincahan organisasi, pengelolaan pengetahuan terhadap kelincahan organisasi, kapabilitas teknologi informasi terhadap inovasi produk, pengelolaan pengetahuan terhadap inovasi produk, kelincahan organisasi terhadap inovasi produk. Kelincahan organisasi digunakan sebagai variabel mediasi. Pandemi …
Penelitian ini dilakukan dalam konteks pengaruh Cyber Public Relations dalam memperbaiki citra perusahaan PT Asuransi Jiwa Taspen, ketika teknologi digital menjadi alat penting dalam membangun kepercayaan dan hubungan dengan publik, terutama maraknya isu negatif perusahaan asuransi yang menurunkan reputasi perusahaan asuransi jiwa di Indonesia. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk me…
Kemajuan dalam teknologi telah mendorong masyarakat Indonesia untuk menggunakan internet, namun pemanfaatan internet untuk keperluan bisnis pada UMKM Kota Semarang baru mencapai 60% dari total seluruh UMKM yang ada. Sementara itu, organisasi membutuhkan penggunaan internet atau media sosial untuk mengimbangi dinamika pasar yang ada. Berdasarkan hal tersebut, tujuan penelitian ini yaitu menganal…
Penelitian ini mempunyai tujuan menganalisis pengaruh Komunikasi dari Mulut ke Mulut, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Konsumen Kecap Bango). Variabel independennya yaitu, Komunikasi dari Mulut ke Mulut (X1), Citra Merek (X2) dan Kualitas Produk (X3), sementara variabel dependennya ialah, Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini melibatkan 112 resp…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Loyalitas Merek dan Influencer Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian pada pengguna produk smartphone Samsung masyarakat Kota Semarang. Variabel independennya yaitu Kualitas Produk (X1), Loyalitas Merek (X2), dan Influencer Media Sosial (X3), sementara variabel dependennya ialah Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini meng…