Perilaku membolos sekolah merupakan bentuk kenakalan remaja yang dapat menyebabkan dampak negatif seperti keterlambatan pemahaman materi dan penurunan nilai. Untuk mengatasi masalah ini, penulis mengembangkan sistem PRESENSIX, yang menggunakan teknologi fingerprint untuk validasi presensi dan terintegrasi dengan platform berbasis website dan WhatsApp untuk notifikasi orang tua. Sistem ini memu…
Penjadwalan merupakan proses krusial dalam perancangan aktivitas untuk mencapai efektivitas dalam penyelesaian tugas. Dalam konteks perguruan tinggi, penjadwalan mata kuliah melibatkan berbagai faktor seperti kelas, mata kuliah, dosen pengampu, dan waktu pembelajaran. Namun, penjadwalan yang dilakukan secara manual sering kali kurang efektif dalam mengelola data dan parameter yang kompleks, men…
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pemantauan EKG jantung berbasis Internet of Things (IoT) yang terintegrasi dengan platform website. Sistem ini dirancang untuk memantau dan menganalisis detak jantung dan EKG pengguna secara real-time menggunakan sensor EKG AD8232 yang terhubung dengan mikrokontroler NodeMCU. Data detak jantung yang diperoleh akan dikirimkan secara nirkabel me…
Kendala dalam pembelajaran sering menyebabkan rendahnya prestasi siswa, dipengaruhi oleh faktor psikologis seperti minat dan motivasi yang. Teknologi seperti Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), dan Mixed Reality (MR) menawarkan peluang baru untuk meningkatkan pengalaman belajar, terutama dalam Ilmu Pengetahuan Alam dan Sistem Tata Surya. Penelitian ini membahas penggunaan Mixed Realit…
Sampah merupakan masalah yang harus diperhatikan, karena dapat mempengaruhi lingkungan dan kesehatan. Penanganan sampah yang benar diperlukan untuk mengatasi permasalahan ini. Solusi dari permasalahan tersebut adalah mendaur ulang sampah. Sampah perlu diklasifikasikan terlebih dahulu sebelum di daur ulang sesuai dengan jenisnya ada sampah anorganik dan organik. Sampah organik yaitu jenis s…
Aqiilah Ayya Danastri, “IMPLEMENTASI CHATBOT UNTUK TROUBLESHOOT PADA SISTEM KONTROL SWITCH DAN PENDINGIN RUANGAN BERBASIS ANDROID”. Skripsi Jurusan Teknik Elektro Program Studi D-IV Teknologi Rekayasa Komputer Politeknik Negeri Semarang, di bawah bimbingan Wiktasari, S.T, M.Kom dan Drs. Parsumo Rahardjo, M.Kom. This research aims to implement a GPT-based chatbot on a mobile applicati…
PT PLN (Persero) adalah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertanggung jawab atas penyediaan layanan listrik nasional di Indonesia. Dalam menjalankan tugasnya, PT (PLN) Persero Unit Pelaksana Pengatur Distribusi Jateng dan DIY menghadapi tantangan dalam memprediksi beban puncak pembangkit listrik, yang bersifat time series dan nonlinear. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan…
Stunting merupakan masalah gizi kronis yang menjadi perhatian serius di Indonesia. Analisis sentimen terhadap opini dan pernyataan publik mengenai stunting dapat memberikan wawasan berharga bagi pengambil keputusan dan pihak terkait. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan performa empat model Machine Learning (SVM, Bi-LSTM, IndoBERT, dan IndoRoBERTa) dalam mengklasifikasikan sentimen teks…
Absensi adalah salah satu indikator utama dalam menilai kinerja pekerja di perusahaan, digunakan untuk mengukur tingkat kedisiplinan. Kedisiplinan dosen dan karyawan biasanya menjadi faktor penting dalam menentukan kelayakan untuk kenaikan gaji dan insentif lainnya. Untuk memantau kehadiran secara efektif, dibutuhkan sistem absensi yang dapat mencatat kehadiran dan ketidakhadiran secara akurat.…
Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan. Platform pendidikan online berbasis website untuk pembelajaran interaktif dengan menggunakan Large Language Models (LLM) menawarkan potensi untuk merevolusi cara kita belajar dan mengajar. Integrasi LLM ke dalam platform ini dirancang untuk mendukung pembelajaran…