Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, pengalaman pelanggan, dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap kepuasan pelanggan pada Bandar Udara Jenderal Ahmad Yani Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, observasi, dan studi pustaka. Kuesioner yang digunakan adalah Skala Likert dan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah …
PEGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN ASURANSI JIWA PADA PT ASURANSI JIWA TASPEN (TASPEN LIFE) KC SEMARANG Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan pada peserta Asuransi Jiwa Taspen Life KC Semarang. Teknik pengumpulan informasi dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 peserta Asuransi Jiwa Taspen Life…
Penelitian ini didasarkan pada fakta bahwa pada tahun 2023, jumlah Tingkat Penghunian Kamar (TPK) pada UTC Convention Hotel Semarang menurun sebesar 11,1%. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana Perceived Price dan Service Quality berdampak pada Customer Satisfaction pada UTC Convention Hotel Semarang. Penelitian ini merupakan studi kuantitatif menggunakan kuesioner sebagai alat p…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Motivasi dah Komitmen Organisasional terhadap Kinerja Karyawan Direct Sales Agent (DSA) PT Indosat Ooredoo Hutchison Pandanaran Semarang. Meskipun nama Indosat sudah dikenal luas oleh masyarakat, namun produk pascabayar yang menjadi focus divisi ini belum banyak orang yang mengetahuinya. Persaingan dagang yang semakin kuat di era digital ini,…
Dalam berbagai bisnis, loyalitas pelanggan dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti kualitas layanan dan kepuasan pelanggan. Hal ini juga berlaku dalam industri jasa forwarder yang sangat kompetitif dan berfokus pada pelanggan. Penelitian ini mengkaji bagaimana loyalitas pelanggan pada perusahaan jasa forwarder dipengaruhi oleh kepuasan pelanggan dan kualitas layanan. Tujuan dari penelitian ini…
Terdapat 88 insiden pada tahun 2023-2024 yang terjadi pada kapal Pertamina International Shipping. Kapal Pertamina International Shipping merupakan kapal yang mengangkut minyak mentah, produk olahan, LPG, LNG, dan container. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh communication skills, information technology capability, dan self efficacy terhadap problem solving ability pada crew kapa…
Penelitian ini dilatar belakangi adanya penurunan realisasi bongkar muat pada tahun 2020 sampai 2021 di PT Pelabuhan Indonesia Cabang Tanjung Emas Semarang karena sebelumnya Perusahaan menggunakan strategi pemasaran CRM (Customers Relation Management). Namun secara signifikan meningkat pada tahun 2022-2023. Perusahaan menerapkan strategi pemasaran STP (Segmentation, Targeting, Positio…
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas Produk, Loyalitas Merek dan Influencer Media Sosial terhadap Keputusan Pembelian pada pengguna produk smartphone Samsung masyarakat Kota Semarang. Variabel independennya yaitu Kualitas Produk (X1), Loyalitas Merek (X2), dan Influencer Media Sosial (X3), sementara variabel dependennya ialah Keputusan Pembelian (Y). Penelitian ini meng…
Permasalahan yang terjadi di perusahaan terkait dengan job satisfaction seperti tingkat absensi karyawan bagian produksi pada bulan Agustus – Desember 2023 dengan rata-rata 3,46 yang termasuk dalam kategori tinggi. Untuk mengatasi permasalahan perusahaan tersebut, dapat memfasilitasi munculnya etos kerja dengan model work life balance, physical work environment, dan work experience untuk mend…
Gaya hidup konsumen telah diubah oleh teknologi yang menyediakan layanan online bagi pengguna untuk membentuk jaringan dimana mereka dapat berbagi dan mengakses informasi dengan cepat. Perusahaan Real estate seperti PT. AJISAKA dituntut beradaptasi di era modern untuk menjangkau target audiens dan mempromosikan produk mereka dengan menjalankan pemasaran digital, salah satunya dengan platfo…