Penelitian ini berfokus untuk mengeksplorasi peran penting ulasan positif dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen, serta bagaimana Wardah, sebagai salah satu brand kecantikan paling terkemuka di Indonesia, dapat memanfaatkan pemasaran media sosial untuk memperkuat ulasan positif tersebut. Di era digital saat ini, evaluasi positif telah terbukti menjadi komponen penting dalam menumbuhkan…
Kesadaran konsumen terhadap sertifikasi halal dan kualitas produk menjadi semakin penting dalam pasar modern, terutama dengan hadirnya teknologi canggih seperti blockchain. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Halal Awareness dan Product Quality terhadap Purchase Intention dengan Blockchain Technology sebagai variabel moderasi pada konsumen Belfoods di Kota Semarang. Penelitia…
This study aims to analyze the influence of service quality and customer satisfaction on customer loyalty at XYZ Semarang. Data from the Ministry of Transportation of the Republic of Indonesia shows a significant increase in the number of Marine Cargo Expedition (EMKL) companies in Indonesia from 2020 to 2023, triggered by an increase in export-import value and government policies that support …
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan usaha kuliner, yaitu Ricebowl Lembut, yang memenuhi kebutuhan dan keinginan pelanggan akan makanan praktis dengan berbagai varian yang lengkap. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengelola sebuah usaha yang efektif, efisien, dan menghasilkan keuntungan. Usaha ini didirikan pada tahun 2023 oleh tiga mahasiswa Politeknik Negeri Semarang dengan meng…
Sebagai salah satu perusahaan pelayanan publik, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa Tengah tentunya membutuhkan sumber daya manusia yang menghasilkan kinerja maksimal untuk perusahaan. Pada penelitian ini karyawan terlihat kurang percaya diri dalam mengerjakan tugas yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh self efficacy dan self esteem terhadap kinerja …
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari citra merek dan kemudahan penggunaan aplikasi FlyGaruda terhadap keputusan pembelian pelanggan PT Garuda Indonesia Semarang. Sampel penelitian adalah 100 responden yang dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan analisis regresi berganda. Alat bantu analisis yang …
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh sanksi perpajakan dan pengetahuan perpajakan terhadap tingkat kepatuhan importir secara parsial. Sampel penelitian berjumlah 100 responden yang dipilih melalui teknik simple random sampling. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner dan observasi, sedangkan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Instrumen yang digunakan…
Penelitian terkini di PT PLN Indonesia Power Unit Bisnis Pemeliharaan Suralaya di Cilegon Banten menyoroti bahwa Pengadaan Langsung dan Pelelangan Sederhana adalah metode yang efektif dan efisien dalam pengadaan barang dan jasa. Pengadaan Langsung sangat cocok untuk situasi dengan anggaran yang terbatas, sementara Pelelangan Sederhana efektif dalam mempercepat proses pengadaan yang bersifa…
Penelitian bertujuan untuk menjelaskan pengaruh kompetensi dan motivasi kerja terhadap kinerja karyawan pada suatu perusahaan yang bergerak di bidang usaha kelistrikan. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 karyawan PT PLN (Persero) UPT Semarang. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuesioner, dan studi pustaka. Penelitian ini menggunakan analisis data validitas, reliabili…
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh citra merek dan kualitas layanan terhadap loyalitas pelanggan secara parsial maupun simultan. Sampel penelitian adalah 100 responden yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data primer menggunakan kuesioner dan studi literatur untuk data sekunder. Pengujian instrumen dilakukan dengan menguji validitas dan reliabilitas. A…